Sabtu, 25 Desember 2010

MANUSIA DAN TANGGUNGJAWAB


Manusia dan tanggungjawab selalu berkaitan dengan pola tingkah laku. Pola tingkah laku dibedakan menjadi 2 :

1. pola tingkah laku terpuji
2. pola tingkah laku yercela.

 Pola tingkah laku terpuji adalah suatu sikap yang berfikir kreatif dan logic. Artinya berfikir sebelum melaksanakan hal tersebut, dimana kebaikanlah yang menjadi hal penunjang sikap terpuji. Dalam pola tingkah laku terpuji harus diiringi dengan rasa tanggungjawab.

Contoh :
Mengamalkan butir pancasila, dalam mengamalkan butir pancasila kita harus didukung dengan tanggungjawab.” Jangan hanya mengetahui isinya, Tetapi kita tidak didukung dengan tanggungjawab.” Artinya tanggungjawab disini yaitu berjiwa patriotisme dan nasionalisme.

 Pola tingkah laku tercela adalah suaty sikap yang dodasar tanpa adanya pemikiran khusus, hal ini hanya mementingkan egois dan naluri saja.

Contoh :
Kenakalan remaja, dalam hal ini banyak manusia yang lepas control dari tanggungjawabnya, karena mementingkan nalurinya saja. Banyaknya sesuatu hal yang tanpa disdari akibat perilaku manusia yang tidak dapat menahan naluri dan egonya. Hal ini yang menyebabkan maraknya dikalangan remaja yang rawan atas kecelakaan. Banyaknya korban aborsi yang tak bersalah karena kurangnya tanggungjawab manusia.

Itulahlah sebuah penjabaran tentang manusia dan tanggungjawab, manusia yang berfikir kritis pasti dapat menanamkan tanggungjawabnya pada dirinya sendiri. Tetapi hal ini terkadang dianggap mudah bagi manusia, yang menyebabkan rendahnya tingkat kesadaran akan tanggungjawab. Jika kita ingin menjadi warga negara yang berkembang berfikirlah positif dan tanamkanlah tanggungjawab. Karena tanggungjawablah bisa mendorong kita dalam kehidupan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar