Rabu, 04 Juni 2014

TUGAS SOFTSKILL KELOMPOK BAHASA INGGRIS



Tugas kelompok sofstskill bahasa inggris bisnis 2
Nama : Andreas Kevin                   (10210738)
            Gita anggeliya                    (19210806)
            Shenna Angelina adam       (18210226)
1.     TOEFL
PENGERTIAN TOEFL
TOEFL adalah singkatan dari Test Of English as a Foreign Language (Test Bahasa Inggris sebagai bahasa asing), yang diorganisir oleh sebuah lembaga di Amerika Serikat yang bernama ETS ( Educational Testing Service ). TOEFL ini penting untuk teman-teman yang ingin belajar atau menuntut ilmu untuk bersekolah di luar negeri. TOEFL ini merupakan indikator untuk memastikan teman-teman yang berasal bukan dari negara yang menggunakan bahasa Inggris, agar dapat mengikuti perkuliahan dengan baik di negara yang menggunakan bahasa Inggris. TOEFL ini digunakan untuk memastikan :
Memastikan bahwa mahasiswa tersebut memahami uraian yang diberikan dosen dalam bahasa Inggris (listening skill).
Mahasiswa memahami buku-buku textbook yang diwajibkan (reading skill).
Mahasiswa mampu membuat tulisan ilmiah dengan tatabahasa yang benar (writing & grammar skill).
Untuk dapat diterima di negara-negara Barat, calon mahasiswa harus memiliki standar nilai TOEFL yang sudah ditetapkan oleh masing-masing universitas di negara-negara Barat tersebut. Misalnya TOEFL score minimal untuk negara-negara di Eropa adalah 500 (minimum), TOEFL score untuk di Australia adalah 500 (minimum), sedangkan TOEFL score untuk negara-negara di Amerika adalah disyaratkan 550 (minimum).
PERLUASAN PENGGUNAAN & PERKEMBANGAN TOEFL
Seiring perkembangan zaman, bahkan negara-negara yang bahasa ibunya bukan bahasa Inggris, seperti Jepang, Korea, India, Malaysia, Indonesia, dll mensyaratkan TOEFL Score tertentu bagi calon mahasiswanya, baik yang datang dari dalam negeri, apalagi jika berasal dari luar negeri. Di Indonesia, TOEFL bahkan digunakan juga untuk:
Persyaratan bagi penerimaan karyawan baru di instansi pemerintah, perusahaan pemerintah dan swasta.
Syarat penerimaan mahasiswa baru untuk jenjang S2 dan S3.
Syarat pengajuan beasiswa, baik dari pemerintah maupun swasta.
TOEFL sendiri sudah beberapa kali mengalami penyempurnaan oleh lembaga penyelenggaranya, ETS. Bentuk-bentuk TOEFL Test yang pernah diperkenalkan ke publik yaitu :
1. TOEFL Paper Based Test
Terdiri atas 3 section :
Listening, Structure, and Reading.
Maximum Score : 677.
2. TOEFL Computer Based Test
Terdiri dari 4 Section :
Listening, Structure,Reading, Writing.
Maximum Score : 300.
3. TOEFL Internet Based Test
Terdiri dari 4 section :
Listening, Reading, Writing, Speaking.
Maximum score : 120.
Untuk keperluan pra-seleksi ataupun keperluan intern suatu lembaga, maka ETS sebagai lembaga pengembang dan penyelenggara tes TOEFL juga menyelenggarakan TOEFL ITP (Institutional Testing Programme). Jumlah soal dan tingkat kesulitan TOEFL ITP tidak berbeda dengan Paper Based Test TOEFL maupun Computer Based Test TOEFL, karena memang soal-soal yang digunakan pada TOEFL ITP adalah soal tes TOEFL yang telah pernah digunakan sebelumnya. Perbedaan yang perlu diketahui oleh mereka yang merencanakan mengikuti tes TOEFL adalah bahwa skor yang diperoleh dari TOEFL ITP dalam pengunaannya terbatas.
Perguruan tinggi di Amerika, misalnya, hanya akan menerima skor yang diperoleh dari Paper Based Test TOEFL atau Computer Based Test TOEFL. Selain TOEFL ITP, juga ada TOEFL Prediction yang biasanya digunakan untuk memperkirakan skor TOEFL seseorang “sebelum” yang bersangkutan mengikuti tes TOEFL lainnya (Paper Based Test TOEFL, Computer Based Test TOEFL, TOEFL ITP). Jenis tes TOEFL Prediction ini pada umumnya diselenggarakan oleh lembaga atau pusat bahasa atau tempat-tempat kursus yang menyelenggarakan pelatihan TOEFL.
(http://asharemore.blogspot.com/2013/06/pengertian-dan-kegunaan-test-toefl-test.html)
2.     TEFL
DEFINITION TEFL
            Teaching English as a foreign language (TEFL) refers to teaching English to students whose first language is not English. TEFL usually occurs in the student's own country, either within the state school system, or privately in an after-hours language school or with a tutor. TEFL teachers may be native or non-native speakers of English.

TEACHING TECHNIQUES
·         Reading
            TEFL that uses literature aimed at children and teenagers is rising in popularity. Youth-oriented literature offers simpler material ("simplified readers" are produced by major publishers), and often provides a more conversational style than literature for adults. Children's literature in particular sometimes provides subtle cues to pronunciation, through rhyming and other word play. One method for using these books is the multiple-pass technique. The instructor reads the book, pausing often to explain certain words and concepts. On the second pass, the instructor reads the book completely through without stopping.

·         Communicative language teaching
            Communicative language teaching (CLT) emphasizes interaction as both the means and the ultimate goal of learning a language. Despite a number of criticisms, it continues to be popular, particularly in Japan, Taiwan,  and Europe.
The task-based language learning (TBLL) approach to CLT has gained ground in recent years. Proponents believe CLT is important for developing and improving speaking, writing, listening, and reading skills, and that it prevents students' merely listening passively to the teacher without interaction. Dogme is a similar communicative approach that encourages teaching without published textbooks, instead focusing on conversational communication among the learners and the teacher.

·         Blended learning
            Blended learning is a combination of face-to-face teaching and online interactions (also known as CALL or computer-assisted language learning), achieved through a virtual learning environment (VLE).
VLEs have been a major growth point in the ELT industry over the last five years. There are two types:
·         Externally hosted platforms that a school or institution exports content to (e.g., the proprietary Web Course Tools, or the open source Moodle)
·         Content-supplied, course-managed learning platforms (e.g. the Macmillan English Campus)
The former provides pre-designed structures and tools, while the latter supports course-building by the language school—teachers can blend existing courses with games, activities, listening exercises, and grammar reference units contained online. This supports classroom, self-study or remote practice (for example in an internet café).
·         Online classroom
            Advances in technology made it possible to get a TEFL qualification online. Students can enroll Into online classes that are accredited by organizations such as Accreditat. It should be noted that there is no single overarching accreditation body for TEFL.[5] Study materials are divided into modules. Students take one or multiple tests per study module. Support is handled by tutors, who can be reached via email. After successfully finishing the last module the student is granted a certificate. It comes in digital form or can be shipped to the student's address. Getting such a certificate can be beneficial in many ways. The student can get a bigger paycheck or teach English in foreign countries.

QUALIFICATIONS FOR TEFL TEACHERS
            Qualification requirements vary considerably from country to country and among employers within the same country. In many institutions it is possible to teach without a degree or teaching certificate. Some institutions will consider it necessary to be a native speaker with an MA TESOL. A university degree in English language and literature can also be of value, as indeed can any specialist degree. Other institutions consider a proof of English proficiency, a University degree and a basic teaching qualification to be more than sufficient. However, the level of academic qualification need not be the most important qualification, as many schools will be more interested in your interpersonal skills. For trainers wishing to enter the academic field, publications can be as important as qualifications, especially if they relate to English use in your field. Where there is a high demand for teachers and no statutory requirements, employers may accept otherwise unqualified candidates. Each country is different, and acceptance depends on demand for English teachers and the teacher's previous teaching and life experiences.
            As a general rule schools will tend to prefer qualifications that involve a significant amount of assessed teaching: it is often said that "Learning to teach without classroom practice is like learning to drive without ever encountering traffic". Shorter courses and online courses often lack assessed teaching practice. Course makers have recognized this and have begun introducing combined TEFL courses which have an element of assessed teaching.
            Some educational facilities are now offering two or three well-defined certificates instead of one general certificate. For example, ILT (Introduction to Language Teaching) - 40 hours, PLT (Practice of Language Training) - 30 hours, and Literacy - 30 hours.
            Private language schools are likely to require at least a certificate based on successful completion of a course consisting of a minimum of 100 hours. Major programs like EPIK will offer a higher salary to teachers who have completed any TEFL Course, online or otherwise, so long as the program meets the minimum 100 hour requirement. Internet-based TEFL courses are generally accepted worldwide, and particularly in Asia, where the largest jobs markets exist in China, Korea, Taiwan and Japan.
            Age/gender requirements might also be encountered. In some countries outside Europe and America, for example the Middle East, schools might hire men over women or vice versa. And they might hire only teachers in a certain age range; usually between 20 and 40 years of age. Anyone under 19 may be able to teach TEFL, but usually only in a volunteer situation, such as a refugee camp.

 
MEANING

 
DEFINISI TEFL
            Mengajar Bahasa Inggris sebagai bahasa asing (TEFL) mengacu pada pengajaran bahasa Inggris kepada siswa yang bahasa pertamanya bukan bahasa Inggris. TEFL biasanya terjadi di negara siswa sendiri, baik dalam sistem sekolah negeri, atau pribadi di sekolah setelah jam-bahasa atau dengan tutor. Guru TEFL mungkin penutur asli atau non-asli bahasa Inggris.
TEKNIK MENGAJAR
•Reading
            TEFL yang menggunakan sastra yang ditujukan untuk anak-anak dan remaja meningkat popularitasnya . Literatur berorientasi pemuda menawarkan bahan sederhana ( " pembaca disederhanakan " diproduksi oleh penerbit besar ) , dan sering memberikan gaya yang lebih percakapan dari sastra untuk orang dewasa . Sastra anak-anak pada khususnya kadang-kadang memberikan isyarat halus untuk pengucapan , melalui berima dan kata lain bermain . Salah satu metode untuk menggunakan buku-buku ini adalah teknik multiple -pass . Instruktur membaca buku , berhenti sering untuk menjelaskan kata-kata dan konsep-konsep tertentu . Pada pass kedua , instruktur membaca buku sepenuhnya melalui tanpa henti.

Pengajaran Bahasa Komunikatif
Komunikatif pengajaran bahasa ( CLT ) menekankan interaksi baik sebagai sarana dan tujuan akhir dari belajar bahasa . Meskipun sejumlah kritik , terus menjadi populer , terutama di Jepang , Taiwan , dan Eropa .
Berbasis tugas belajar bahasa ( TBLL ) pendekatan CLT telah memperoleh tanah dalam beberapa tahun terakhir . Para pendukung percaya CLT penting untuk mengembangkan dan meningkatkan berbicara , menulis, mendengarkan , dan keterampilan membaca , dan bahwa mencegah siswa hanya mendengarkan secara pasif kepada guru tanpa interaksi . Dogme adalah pendekatan komunikatif yang sama yang mendorong mengajar tanpa buku teks yang diterbitkan , tetapi sebaliknya berfokus pada komunikasi percakapan antara peserta didik dan guru
 Belajar Blended
            Blended learning adalah kombinasi pengajaran dan interaksi secara online face-to - face ( juga dikenal sebagai PANGGILAN atau pembelajaran bahasa dengan bantuan komputer ) , dicapai melalui lingkungan belajar virtual ( VLE ) .

VLEs telah menjadi titik pertumbuhan utama dalam industri ELT selama lima tahun terakhir. Ada dua jenis :
• platform eksternal host bahwa sekolah atau lembaga ekspor konten untuk ( misalnya, proprietary Tools Web Course , atau open source Moodle )
• Content - disediakan , platform pembelajaran kursus yang dikelola ( misalnya Kampus Macmillan English )
Mantan menyediakan struktur pra-desain dan alat-alat , sedangkan yang kedua mendukung program pembangunan oleh bahasa sekolah - guru dapat berbaur program yang ada dengan permainan , kegiatan , mendengarkan latihan , dan unit referensi tata bahasa yang terkandung online. Hal ini mendukung kelas , belajar-sendiri atau praktek terpencil ( misalnya di warnet ).
•kelas online
   Kemajuan teknologi memungkinkan untuk mendapatkan kualifikasi TEFL online. Siswa dapat mendaftarkan diri ke dalam kelas online yang diakreditasi oleh organisasi seperti Accreditat . Perlu dicatat bahwa tidak ada badan akreditasi menyeluruh tunggal untuk TEFL . [ 5 ] Bahan pelajaran dibagi menjadi modul . Mahasiswa mengambil satu atau beberapa tes per modul belajar. Dukungan ditangani oleh tutor , yang dapat dihubungi melalui email. Setelah berhasil menyelesaikan modul terakhir siswa diberikan sertifikat . Muncul dalam bentuk digital atau dapat dikirimkan ke alamat siswa . Mendapatkan sertifikat tersebut dapat bermanfaat dalam banyak cara . Siswa bisa mendapatkan gaji yang lebih besar atau mengajar bahasa Inggris di luar negeri .
KUALIFIKASI UNTUK GURU TEFL
            Persyaratan kualifikasi bervariasi dari satu negara ke negara dan kalangan pengusaha di negara yang sama . Dalam banyak lembaga adalah mungkin untuk mengajar tanpa gelar atau sertifikat mengajar . Beberapa lembaga akan menganggap perlu untuk menjadi pembicara asli dengan MA TESOL . Sebuah gelar sarjana dalam bahasa Inggris dan sastra juga bisa menjadi nilai , karena memang bisa salah gelar spesialis . Lembaga lain mempertimbangkan bukti kemampuan bahasa Inggris , gelar Universitas dan kualifikasi mengajar dasar untuk menjadi lebih dari cukup. Namun, tingkat kualifikasi akademik tidak perlu kualifikasi yang paling penting , karena banyak sekolah akan lebih tertarik pada keterampilan interpersonal Anda . Untuk pelatih yang ingin memasuki bidang akademik , publikasi dapat menjadi sama pentingnya dengan kualifikasi , terutama jika mereka berhubungan dengan penggunaan bahasa Inggris di bidang Anda . Dimana ada permintaan yang tinggi untuk guru dan tidak ada persyaratan hukum , pengusaha dapat menerima calon dinyatakan tidak memenuhi syarat . Setiap negara berbeda , dan penerimaan tergantung pada permintaan untuk guru bahasa Inggris dan pengajaran dan kehidupan sebelumnya pengalaman guru .
            Sebagai aturan umum sekolah akan cenderung memilih kualifikasi yang melibatkan sejumlah besar pengajaran dinilai : sering dikatakan bahwa " Belajar mengajar tanpa kelas praktek adalah seperti belajar mengemudi tanpa pernah menghadapi lalu lintas " kursus pendek dan kursus online . sering kekurangan dinilai praktik mengajar . Pembuat Course telah mengetahui dan telah mulai memperkenalkan program TEFL gabungan yang memiliki unsur pengajaran yang dinilai .
            Beberapa fasilitas pendidikan kini menawarkan dua atau tiga sertifikat yang didefinisikan dengan baik bukan satu sertifikat umum . Sebagai contoh, ILT ( Pengantar Pengajaran Bahasa ) - 40 jam , PLT ( Praktek Pelatihan Bahasa ) - 30 jam , dan Melek - 30 jam .
Sekolah bahasa swasta cenderung membutuhkan setidaknya sertifikat berdasarkan berhasil menyelesaikan kursus yang terdiri dari minimal 100 jam . Program besar seperti EPIK akan menawarkan gaji yang lebih tinggi kepada para guru yang telah menyelesaikan setiap TEFL Course , online atau sebaliknya , asalkan program memenuhi persyaratan minimum 100 jam . Kursus TEFL berbasis internet yang berlaku umum di seluruh dunia , dan terutama di Asia , di mana pasar pekerjaan terbesar ada di China , Korea , Taiwan dan Jepang .
            Persyaratan usia / jenis kelamin mungkin juga ditemui . Di beberapa negara di luar Eropa dan Amerika , misalnya Timur Tengah , sekolah bisa menyewa laki-laki atas perempuan atau sebaliknya . Dan mereka mungkin hanya mempekerjakan guru dalam rentang usia tertentu ; biasanya antara 20 dan 40 tahun . Siapapun di bawah 19 mungkin dapat mengajar TEFL , tetapi biasanya hanya dalam situasi relawan , seperti sebuah kamp pengungsi .
3.     TOEIC
TOEIC
Sebenarnya TOEIC itusamaseperti TOEFL dan IELTS, hanyasajakalau TOEIC lebihspesifikfungsinya. TOEIC (Test of English for International Communication) adalah tes keahlian berbahasa inggris untuk orang-orang yang bahasa ibunya bukan bahasa inggris.TOEIC itu sendiri terdiri dari 2 ujianya itu listening dan reading. Range nilainya mulai dari 10 sampai 990. Tes TOEIC dapat mengukur kemampuan berbahasa inggris untuk individu yang dalam kesehariannya bekerja di lingkungan international.Nilai- nilainya menunjukkan seberapa baik seseorang dapat berkomunikasi dalam bahasa inggris dengan individu lainnya dalam komunikasi umum, termasuk di lingkup pendidikan, bisnis, perdagangan, dan industry.Tes ini tidak memerlukan pengetahuan khusus atau istilah yang tidak umum yang digunakan orang dalam aktivitasnya sehari-hari.Tes TOEIC adalah tespilihanganda yang berlangsung selama dua jam yang terdiri dari 200 pertanyaan yang dibagimenjadiduasesi :
1.   Listening section: sesi ini menguji seberapa baik kita dapat memahami pembicaraan dalam bahasa inggris. Sesi ini terdiri dari dari 4 bagian dan berisi 100 pertanyaan yang diputar pada sebuah kaset atau CD. Kita akan diminta untuk menjawab pertanyaan berdasarkan pada bermacam-macam pertanyaan, dialog singkat, dan percakapan singkat yang direkam dalam bahasa inggris. Total waktunya adalah 45 menit.
2.   Reading section: dalam sesi ini akan terdapat 3 bagian yang menguji seberapa baik anda dapat memahami bacaan dalam bahasa inggris. Kita akan membaca berbagai macam materi dan melakukan pengaturan waktu secara pribadi dalammenjawab 100 pertanyaanberdasarkanisidarimateri yang disediakanuntukkita. Total waktu nya adalah 75 menit.
      Kita akan menjawab pertanyaan tes ini dengan cara menghitamkan salah satu huruf (A),(B),(C),(D) dengan pensil pada lembar jawaban yang terpisah. Walaupun waktu yang tersedia diperkirakan selama dua jam, waktu tambahan memang diperlukan untuk menyelesaikan daftar pertanyaan dan biodata peserta dalam lembar jawaban.Karenanya, kita harus meluangkan menyiapkan kira-kira 2,5 jam untuk mengikuti tes ini.
Banyak sekali orang – orang dari berbagai institusi yang mengikuti tes ini mulai dari :
1.   Karyawan atau staf yang menggunakan bahasa inggris dalam berbagai lingkungan kerja seperti kantor–kantor pemerintah, bisnis, hotel, rumah sakit, restoran, pertemuan internasional, konferensi, dan program olahraga.
2.   Staf manajemen, sales, dan karyawan bagian teknik dalam bisnis internasional, perdagangan dan industry yang membutuhkan bahasa inggris dalampekerjaan mereka.
3.   Para calon peserta pelatihan yang akan dilakukan dalam bahasa inggris.
4.   Para individu yang sedang mengikuti program pelatihan bahasa inggris atau pun kepentingan pengajuan beasiswa dan visa  keluar negeri.
5.   Para pelajar atau mahasiswa untuk mengukur kemajuan dalam proses belajar, syarat kelulusan, dan juga kelengkapan dalam memasuki dunia kerja.
       Pertanyaannya adalah kenapa kita harus mengikuti tesTOEIC ?jawabannya adalah tes TOEIC telah menjadi pilihan bagi lebih dari 6 juta peserta tes setiap tahunnya dan diakui oleh 10.000 organisasi di dunia. Sebagai sebuah alat ukur yang akurat dan obyektif dalam mengukur kemampuan berbahasa inggris, tes TOEIC ini akan memungkinkan kita untuk :
1.   Membuktikan tingkat kemampuan kita yang sebenarnya dalam berbahasa inggris.
2.   Memenuhi persyaratan untuk jabatan baru dan atau promosi di dalam perusahaan.
3.   Penegasan/bukti atas tingkat profesionalitas kita.
4.   Memonitor perkembangan kita dalam berbahasa inggris.
5.   Mengatur tujuan belajar.
6.   Melibatkan perusahaan dalam memajukan kemampuan bahasa inggris kita.
Sumber: singgih-mardiyono.blogspot.com

Senin, 02 Juni 2014

JAKARTA INTERNATIONAL SCHOOL



Jakarta International School

            The rape of a five-year old boy in the toilets of the prestigious Jakarta International School  has shocked the expatriate community and prompted a discussion in Indonesia about the prevalence of child sex abuse. The boy, who turned six last week, has contracted herpes and a bacterial infection allegedly as a result of two anal rapes by members of the school’s outsourced cleaning staff in February and March. Two men — employees of the international contract cleaners ISS — are in police custody. They are alleged to have attacked the boy during school hours when he went to the toilet near his classroom. Jakarta police say two more men and one woman are also under investigation. 
            The boy is the son of a Dutch father and an Indonesian mother. He attended the school's early childhood program.  After initially requesting privacy, his mother went public with graphic details on Monday, motivated, according to lawyer Andi Asrun, by disappointment that the school had not acted more quickly to address problems. They say his teachers should have been aware of the boy’s long absences and should have noticed that he was upset when he returned to class.
            Since his client had gone public, he said, another mother had come forward to say her young son had told of being attacked in the toilet by men in blue uniforms but that the boy had fought them off. Head of School Tim Carr has said the school was cooperating fully with authorities and had made changes to security, including the placement of closed circuit TV cameras, after it was informed of the attacks. It has also offered support and advice to parents.
            Police have urged parents of other students at the school to check the behaviour of their children and report anything suspicious. Mr Andi said that, apart from providing information to the police for a criminal case, the family would issue civil proceedings against the school and the Indonesian education minister on Monday. They will seek a court order to close the early childhood program for “failing to protect the children”, and also for not having a proper licence to run a kindergarten. The department has given the school one week to apply for the correct licence. 
            The school, which teaches the children of many of Jakarta's expatriate community as well as some Indonesians seeking a English-language education for their children, was set up in 1951 with the involvement of foreign missions including the Australian embassy. The embassy still has a representative on the board. The attack has made the front pages in a number Indonesian newspapers. Indonesian officials including the Commission for Protection of Children have been called in, and President Susilo Bambang Yudhoyono and his wife Ani were quoted on Thursday offering their support to the family.
            The issue of child sex assault is rarely aired in Indonesia, but coverage since the attack has prompted suggestions that it’s a growing problem. A headline “Safe Nowhere” in the English-language Jakarta Globe newspaper summed up the sentiment that, if it can happen at this privileged and security conscious school, it's likely to be a much more widespread problem. The boy's father told Fairfax Media that, as a result of the publicity, he had been contacted by people from all over Indonesia telling them about their own children’s abuse. “They’re talking about it because of this, and that’s the positive thing we have taken from it,” he said.
            The Jakarta Education Agency has sent a circular to all local schools advising them to improve security and alert teachers to be aware of suspicious behaviour by both staff and students. In a letter to parents, the school said it had reduced access to the campus for outsourced staff and had enhanced security and enforcement. The ISS cleaning staff working at the time no longer work at the school.
The letter, signed by Mr Carr, said outsourced staff would also be required to comply with the same medical tests as employed staff. The school has implemented a child protection program across the school and would set up an independent review of the incident, the letter said.